Call  +62 361 421 845 (Hunting)

Perumda Air Minum Tirta Mangutama



Diminta Bekerja Keras dan Tuntas, Direksi Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung 2021-2026 Resmi D

Senin, 8 Maret 2021 | 03:22 WITA


MANGUPURA

Direksi baru Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung periode 2021-2026 resmi diambil sumpah dan dilantik. Pengambilan sumpah dan pelantikan digelar Sabtu (6/3) oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos., di ruang Kerta Gosana Puspem Badung.

Selain Bupati, pengambilan sumpah dan pelantikan juga dihadiri Sekda Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Badung. Hadir juga Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi dua wakilnya Wayan Suyasa dan Made Sunarta serta ratusan pegawai Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung.

Bupati Giri Prasta

Bupati Badung dalam keputusannya menetapkan tiga orang direksi. Direksi Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung yang ditetapkan yakni Wayan Suyasa, S.Sos., M.M. sebagai Direktur Utama (Dirut), Made Suarsa, S.T. sebagai Direktur Teknik (Dirtek), dan Made Sugita, S.H. sebagai Direktur Umum (Dirum).

Dalam pidatonya usai melantik direksi, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta meminta direksi bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan terakhir bekerja tuntas. Bupati pun mengaku sudah memberikan formula kepada para direksi yang dilantik. “Formulanya sudah kita berikan,” ujar Giri Prasta yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Badung tersebut.

Tanpa bisa bekerja seperti di atas, kata pejabat asal Pelaga Petang tersebut, direksi bisa saja diberhentikan di tengah jalan. “Ya kalau tak bisa bekerja seperti di atas, jangan berharap bisa duduk di kursi direksi hingga akhir masa jabatan,” tegasnya.

Hal ini, kata Bupati, karena para direksi sudah menandatangani pakta integritas. Di pakta integritas tersebut direksi sudah menandatangani capaian-capaian yang harus diraih. “Jika tidak mampu, bukan Giri Prasta yang memberhentikan tetapi pakta integritas yang ditandatangani di atas meterai tersebut,” tegasnya.

Wayan Suyasa bersama direksi lainnya.

Tak hanya direksi, Bupati minta seluruh karyawan Perumda Air Minum Tirta Mangutama juga menandatangani pakta integritas. “Kami berikan waktu seminggu ini untuk menuntaskan pakta integritas di kalangan pegawai. Setelah itu, setorkan kepada Bupati,” tegas Giri Prasta.

Selain itu, Giri Prasta minta direksi bisa bersatu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Badung. Target riilnya, tercapainya pelayanan air minum untuk seluruh masyarakat Badung. Hal ini karena air merupakan kebutuhan nomor dua setelah udara dan ini sudah diatur juga oleh UUD 1945 khususnya di pasal 33 ayat 3. Bumi dan air dan kekayaan alam dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Kebetulan juga, kata Giri Prasta, Badung pada 2021 atau pertengahan 2022 akan mendapatkan 500 liter per detik air bersih. Ini sudah dipastikan. Karenanya, di selatan pun akan terlayani dan sekarang pembangunan reservoar pun sedang berproses. “Jangan sampai air itu sudah ada, tetapi jaringan kita tidak sampai di situ,” tegasnya.

Dirut Perumda Air Minum Wayan Suyasa yang diwawancarai usai pelantikan menyatakan siap melaksanakan target-target yang telah ditetapkan khususnya dalam pelayanan air minum untuk masyarakat di Kabupaten Badung. “Ya kami harus siap, tak ada alasan untuk tidak siap,” tegasnya.

Langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan seminggu ini mempercepat proses langkah-langkah awal yang harus dilakukan dan maving percepatan terhadap tujuan yang disampaikan Bupati.

Terkait kendala pelayanan selama ini, Suyasa yang menjabat Dirtek pada periode sebelumnya menyatakan, kandungan lumpur saat hujan. Pada saat hujan, katanya, perumda mengelola air permukaan dan air permukaan itu sering terganggu oleh lumpur yang terberat yakni pasir. Ini sering merusak pompa. Dalam hal ini, karena kita tidak boleh tidak bergerak, pihaknya memasang pompa lumpur di saluran sehingga harapannya lumpur langsung tereksekusi sebelum masuk ke jaringan.

Mengenai air baku, katanya, akan disiapkan di Sidan 500 liter per detik dan juga saat ini kita ada potensi di Tukad Mati lagi 75 liter per detik. Jika itu bisa, jika semua program selesai, baik di Bendungan Sidan dan Tukad Mati,air baku yang dihasilkan sudah mampu meng-cover kebutuhan air bersih untuk masyarakat Badung.

Perencanaan kita pada 2019 membuat IPA terganjal air baku dan sekarang disiapkan bendungan dan proyek sudah mulai di Sidan, maka target pemenuhan air terutama di daerah selatan bisa tertutupi. “Kami optimis mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” ujarnya menutup wawancara.

- HumasPerumda Air Minum Tirta Mangutama -


Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung
Kantor Pusat Pelayanan
Jl. Bedahulu No. 3, Denpasar, Bali - Indonesia 80111
Telp: +62 361 421 845 (Hunting)  Fax: +62 361 423 964
Email: info@pdambadung.id
Situs: www.pdambadung.id

© Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung 2020

Top